Rabu, 29 Desember 2010

Sejarah Anime

Sejarah karya animasi di Jepang diawali dengan dilakukannya First Experiments in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro pada tahun 1913.

Kemudian diikuti film animasi berdurasi pendek yang mengawali sejarah dan "evolusi" animasi jepang.


This is it...

Generasi Pertama (Film Anime Bisu)



Mukuzo Genkanban no Maki "The First" (1917).



Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki (translated: The Story of the Concierge Mukuzo Imokawa). Film yang diberi gelar "The First" ini merupakan film animasi karya Oten Shimokawa pada tahun 1917.Pada saat itu Oten membutuhkan waktu 6 bulan hanya untuk mengerjakan animasi sepanjang 5 menit tersebut dan masih berupa “film bisu”.


Namakura Gatana (The Dull Katana) (1918)


Anime karya Seitaro Kitayama. Pada awalnya anime ini disebut-sebut sebagai anime pertama dalam sejarah anime Jepang, tetapi dari hasil penelitian yang telah dilakukan, gelar "The First" kemudian beralih kepada film Imokawa Mukuzo Genkanban no Maki


Urashima Tarō (1918)


Karya kedua dari Seitaro Kitayama. Anime ini bercerita tentang cinta seorang nelayan dengan sang putri.



Generasi Kedua
Chikara to Onna no Yo no Naka (1933)


Chikara to Onna no Yo no Naka (Within the World of Power and Women or The World of Power and Women) adalah sebuah film animasi pendek karya Kenzō Masaoka. Film animasi pertama Jepang yg menggunakan suara.




Periode Perang Dunia Kedua
Kumo to Chūrippu (1943)



Kumo to Chūrippu (Spider and Tulip) adalah sebuah film animasi pendek karya Kenzō Masaoka (lagi.. XD). Menceritakan seekor kumbang kecil yang dikejar-kejar oleh seekor laba-laba.


Momotarō: Umi no Shinpei (1945)



Film arahan Mitsuyo Seo. Momotarō: Umi no Shinpei (Momotaro's Gods-Blessed Sea Warriors) adalah film animasi pertama jepang yang berdurasi panjang sekitar 74 menit. Film ini menceritakan cerita rakyat momotaro yang sedikit dibumbui intrik politik pemerintahan. Film ini menggambarkan "Liberation of Asia", sebagian latar cerita berada di Sulawesi (nah loh.... mungkin ini ada hubungn dengan penjajahan Jepang terhadap Indonesia kali ya gan...)



Toei Animation and Mushi Productions Period

The Tale of the White Serpent (1958)




The Tale of the White Serpent diproduseri oleh Hiroshi Ôkawa, disutradarai oleh Taiji Yabushita & Kazuhiko Okabe. Merupakan film animasi pertama jepang yang menggunakan warna, juga yang pertama yang dirilis di America.


Horus: Prince of the Sun (1968)



Disutradarai oleh Isao Takahata.
Mushi Productions
Astro Boy (1963)



Astro Boy (Mighty Atom) disutradarai oleh Osamu Tezuka juga dikenal sebagai "God of Manga". Astro Boy merupakan serial televisi Jepang pertama yang menampilkan estetika dalam kancah anime yang kemudian menjadi sangat terkenal di seluruh dunia

Doraemon (1969)

sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1969 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.

Periode Era 1970-an

Spoiler for 1970s:
Selama tahun 1970-an, tingkat kompetesi yang begitu ketat mengakibatkan pengurangan pegawai Toei Animation dan banyak animator-animator beralih ke studio lain seperti A Pro dan Telecom Animation. Mushi Production bangkrut (kemudian bangkit kembali 4 tahun kemudian). Para pekerja ex-Mushi kemudian beralih mendirikan perusahaan baru seperti Madhouse Production dan Sunrise.
Berikut nama-nama anime yang populer pada era 1970-an


Tomorrow's Joe (1970)


Science Ninja Team Gatchaman (1972–74)


Heidi, Girl of the Alps (1974)


Space Battleship Yamato (1974–75)


Future Boy Conan (1978)


Lupin III:The Castle of Cagliostro (1979)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda